Pemerintah Bangun 500.000 Hektare "Food Estate" di Kalimantan

Kompas.com - 05/04/2015, 00:29 WIB
Menteri Pertanian RI, Andi Amran Sulaiman
Tribun JatengMenteri Pertanian RI, Andi Amran Sulaiman
|
EditorTri Wahono

BONE, KOMPAS.com
 – Pemerintah berencana untuk membangun food estate di Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah, sebagai tulang punggung kedaulatan pangan. 

"Insya Allah kita akan bangun food estate 500.000 hektare (ha),” ungkap Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman, dalam kunjungan kerjanya ke Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, Sabtu (4/4/2015). 

Amran menjelaskan, food estate akan dilengkapi dengan teknologi pertanian tinggi. Rencananya, lokasi yang memungkinan untuk dibangun food estate adalah di Pulau Kalimantan, khususnya di Provinsi Kalimatan Tengah dan Provinsi Kalimantan Timur. 

"Sementara ini (food estate) masih dalam pembahasan. Tapi lahannya sampai hari ini sudah ada kurang lebih 350.000 ha dari Kalimantan," sambung Amran. 

Amran menuturkan, komoditas yang ditanam di food estate sepenuhnya adalah kebijakan pemerintah. "Kalau jagung kurang, di situ tanam jagung, kedelai kurang di situ tanam kedelai," kata dia. 

Amran menambahkan, food estate ini nantinya akan direalisasikan dengan Peraturan Presiden (Perpres). Amran meminta semua pemangku kepentingan bersinergi setelah Perpres disahkan. 

"Alhamdulillah sekarang sudah tingkat pembahasan dan doakan. Bapak Presiden sudah setuju. Komoditasnya, jagung, kedelai, di mana yang ada kekurangan akan kita tanam itu. Dia menjadi backbone, tulang punggung negara nanti," ujar Amran.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.