OJK Resmikan Kantor Perwakilan di Purwokerto Jawa Tengah

Kompas.com - 07/04/2015, 12:36 WIB
Suasana peresmian kantor OJK di Purwokerto, Jawa Tengah, Selasa (7/4/2015). Kompas.com/ Yoga SukmanaSuasana peresmian kantor OJK di Purwokerto, Jawa Tengah, Selasa (7/4/2015).
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

PURWOKERTO, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meresmikan kantor baru di Purwokerto, Jawa Tengah sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pengaturan terhadap industri jasa keuangan di wilayah kerja eks Karesidenan Banyumas yaitu Banyumas, Cilacap, Purbalingga, dan Banjarnegara.

Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D. Hadad menyatakan, keberadaan kantor baru OJK di Purwokerto diharapkan lebih mengoptimalkan pelaksanaan tugas pengawasan terhadap seluruh industri jasa keuangan di Purwokerto dan agar masyarakat 'melek layanan keuangan'.

"Kami ingin meyakinkan bahwa iindustri keuangan di daerah ini harus dirasakan oleh masyarakatnya, oleh karena itu penting kerjasama dengan pemerintah daerah," ujar Muliaman saat memberikan sambutan dalam acara peresmian Kantor OJK Purwakerto.

Selain itu, adanya kantor OJK di Purwokerto juga untuk memperkuat tugas edukasi dan perlindungan kepada konsumen. Nantinya gedung baru OJK tersebut akan dijadikan sebagai pusat informasi dan pengaduan masyarakat selaku konsumen terkait layanan jasa keuangan.

Muliaman berharap, dengan semakin banyaknya kantor cabang OJK di daerah maka masyarakat kian 'melek layanan keungan' sehingga kesejahteraan masyarakat bisa baik. Pasalnya kata dia, ada keterkaitan antara kesejahteraan dengan kedekatan layanan keungan.

Sementara itu, Kepala OJK Purwokerto Farid Falatehan mengungkapkan bahwa potensi keungan di daerah eks Karesidenan Banyumas sangatlah besar, bahkan total aset perbankannya mencapai Rp 26,72 triliun, atau sekitar sekitar 19 persen dari aset perbankan Jawa Tengah.

"Kami sudah lakukan program literasi keuangan kepada pelajar dan mahasiswa, pesantren, dan akademisi dengan tajuk '2 Jam Lebih Dekat dengan OJK'. Ada lagi kepada pedagang di pasar-pasar dengan tajuk 'Grebek pasar', dan program kepada ibu-ibu PKK namanya 'OJK Masuk Desa'," kata Farid.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kantor OJK yang baru diresmikan ini beralamat di Jl. Gerilya. No. 365, Purwokerto, Jawa Tengah. Sebelumnya, OJK di Purwokerto berada di Kantor Bank Indonesia (BI) cabang Purwokerto. Seiring dengan adanya kantor baru tersebut, maka layanan OJK pun beralih ke kantor baru tersebut.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.