Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Bisa Ambil Alih Proyek Cilamaya

Kompas.com - 09/04/2015, 06:07 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain memutuskan menggeser pembangunan Pelabuhan Cilamaya, pemerintah juga berencana melibatkan diri dalam pembangunan pelabuhan penyangga Pelabuhan Tanjung Priok. Adrinof Chaniago, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/ Kepala Bappenas mengatakan, pemerintah ingin ambil bagian dalam pembangunan tersebut.

Tapi, keikutsertaan pemerintah tersebut dilakukan dengan syarat, keterlibatan swasta penuh dalam pembangunan proyek tersebut bisa mengganggu dan bahkan merugikan kepentingan masyarakat. "Kalau swasta ternyata bisa beri keuntungan ke semua, pemerintah tidak perlu ambil bagian," kata Adrinof di ruang kerjanya Kamis (9/4/2015).

Selain membuka kesempatan untuk ambil bagian, Adrinof juga mengatakan, pemerintah juga akan mengusulkan sedikit perubahan peruntukan. Jika rencananya pelabuhan penyangga Tanjung Priok yang rencananya akan dibangun di Cilamaya tersebut awalnya hanya akan digunakan untuk kapal barang, pemerintah juga akan mengusulkan pelabuhan tersebut untuk angkutan kapal penumpang.

"Usulannya mungkin 80 persen untuk petikemas, sisanya penumpang," katanya. (Agus Triyono)

baca juga: Kemenhub Tak Ambil Pusing Pelabuhan Cilamaya Batal Dibangun

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com