Kompas.com - 14/04/2015, 19:14 WIB
Petugas menunjukkan cara kerja pengisian gas untuk kendaraan umum di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBG) HENDRA A SETYAWANPetugas menunjukkan cara kerja pengisian gas untuk kendaraan umum di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBG)
|
EditorJosephus Primus


JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Perindustrian Saleh Husin menuturkan, ketersediaan infrastruktur bagi industri otomotif sangat penting untuk mendukung diversifikasi penggunaan energi non-fosil. “Tapi tentu utamanya tersedia infrstruktur. Jangan sampai memaksa buat konverter kit, tapi tidak tahu mau isi di mana,” kata Saleh dalam sebuah diskusi, Selasa (14/4/2015).

Saleh lebih lanjut mengatakan, pihak Kementerian Perindustrian telah beberapa kali berdiskusi dengan pelaku industri otomotif seperti salah satunya dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). “Bagaimana kita bisa membuat alternatif non-BBM, tapi misal gas,” imbuh dia.

Selain dengan pelaku, dia bilang juga telah berdiskusi dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan Kementerian Perhubungan agar ke depan transportasi bisa mengkonsumsi energi alternatif, selain BBM fosil. Saleh bahkan juga telah melakukan pembicaraan dengan PT Pertamina (Persero) perihal yang sama. “Kami juga minta Menteri ESDM mewajibkan SPBU juga menyediakan SPBG. Sehingga dengan sendirinya harga (gas) tidak mahal. Kalau menteri yang mewajibkan, pasti (pengusaha SPBU) mau. Masyarakat juga punya pilihan energi murah,” tegas Saleh.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.