Kompas.com - 15/04/2015, 08:32 WIB
Ilustrasi IHSG KOMPAS/HERU SRI KUMOROIlustrasi IHSG
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan diproyeksikan kembali bergerak variatif pada perdagangan Rabu (15/4/2015) ini. Perlambatan pertumbuhan domestik masih membayangi pemodal di tengah peluang indeks mengalami pembalikan arah setelah penurunan dua kali berturut.

Tekanan jual terutama oleh pemodal asing masih mendominasi perdagangan saham kemarin di tengah turunnya minat bertransaksi tercermin dari nilai transaksi di pasar reguler yang hanya mencapai Rp 4,4 triliun. Penjualan bersih asing kemarin mencapai Rp 502,7 miliar.  Akibatnya IHSG kemarin kembali terkoreksi 28 poin (0,5 persen) di 5.419,107.

Menurut riset First Asia Capital, koreksi yang terjadi dalam dua sesi perdagangan terakhir terutama dipicu antisipasi pemodal atas perkembangan perekonomian domestik dan rilis laba emiten pada triwulan I/2015.

Kemarin Bank Indonesia (BI) kembali menahan tingkat bunga acuannya di 7,5 persen menyusul meningkatnya ekspektasi inflasi domestik. Pertumbuhan ekonomi triwulan I/2015 diperkirakan akan kembali melambat di 5,1 persen dibandingkan periode yang sama 2014 sekitar 5,2 persen.

Sementara Bursa Wall Street Selasa (14/4/2015) waktu setempat berhasil menguat terbatas. Hal itu menyusul respon atas rilis laba sejumlah perusahaan pada triwulan I/2015 dan kenaikan harga saham sektor energi.

"Pada perdagangan hari ini, setelah dua hari mengalami koreksi, IHSG diperkirakan berpeluang rebound," sebutnya.

Dari sentimen kawasan, pasar saat ini tengah menanti data ekonomi Tiongkok seperti data pertumbuhan ekonomi kuartal pertama 2015 yang diperkirakan melambat di 7 persen (yoy) dari periode yang sama sebelumnya 7,4 persen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dari domestik, pemodal juga akan digerakkan dengan sejumlah isu individual seperti pembagian dividen dan rilis laba emiten. IHSG diperkirakan akan bergerak dengan support di 5.390 dan resisten di 5.450.  

Saham-saham pilihan adalah TLKM, SMGR, ICBP, BMRI dan BBTN. (BEN)Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.