Kompas.com - 15/04/2015, 19:59 WIB
Ilustrasi mainan seks ShutterstockIlustrasi mainan seks
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorJosephus Primus


TANGERANG, KOMPAS.com — Penyelundupan barang melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta masih kerap terjadi. Selain narkoba dan senjata, petugas Bea Cukai Bandara Soekarno-Hatta juga pernah menggagalkan penyelundupan alat bantu seksual alias sex toys. "Banyak barang yang aneh-aneh diselundupkan. Waktu itu ada juga sex toys, hampir satu kargo," ujar Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC) Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Okto Irianto, di Cengkareng, Tangerang, Rabu (15/4/2015).

Selain itu, tak cuma barang, kata Okto, Bea Cukai juga pernah mengamankan hewan hidup endemik Indonesia yang berusaha diekspor ke berbagai negara. Misalnya, kata dia, ada monyet, lutung, trenggiling, hingga ular. Okto mengatakan bahwa tak semua hewan bisa diekspor.

Sementara itu, untuk penyelundupan narkoba, hingga saat ini, Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Bandara Internasional Soekarno-Hatta telah berhasil menggagalkan penyelundupan 35 kg-40 kg sabu dari negara berbagai negara yang masuk melalui Bandara Soekarno-Hatta. "Sampai sekarang, sudah ada temuan 35 kg sampai 40 kg, itu sabu semua. Totalnya ada 18 kasus," kata Okto.

Dia menuturkan, pada 2013, jumlah temuan sabu yang masuk melalui Bandara Soekarno-Hatta mencapai 190 kg dengan 96 kasus, sedangkan pada 2014 sebanyak 160 kg dengan 90 kasus.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.