Pertamina Rilis Pertalite, Menteri ESDM Berharap RON 88 Bisa Lenyap

Kompas.com - 17/04/2015, 21:00 WIB
|
EditorJosephus Primus


JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said berharap dengan dikeluarkannya produk bahan bakar minyak (BBM) jenis baru PT Pertamina (Persero) yakni Pertalite, produk Premium atau BBM beroktan 88 bisa dihilangkan dalam waktu kurang dari dua tahun.

Sudirman mengatakan, Pertamina sudah berkomunikasi secara informal dengan Kementerian ESDM, menjelaskan alasan dikeluarkannya Pertalite. Sudirman menambahkan bahwa hal ini terkait dengan rencana pemerintah untuk menghilangkan RON 88. “RON 88 itu memiliki dua isu, pertama dianggap tidak bersih, dan kedua secara governance, importasinya mengandung kecurigaan. Seolah-olah dibuat spesifik agar hanya pemasok tertentu yang bisa,” kata Sudirman, Jakarta, Jumat (17/4/2015).

Atas dasar itu dia menyambut baik jika Pertamina mengeluarkan produk yang ada sumber pasokannya di pasar internasional. Sudirman juga mendapatkan informasi dari BUMN migas itu, bahwa penataan impor semakin baik. “Sehingga muncul ide bagaimana dibuat produk transisi (sebelum RON 88 dihilangkan), namanya Pertalite,” imbuh dia.

Lebih lanjut Sudirman menuturkan, selain berkomunikasi dengan Kementerian ESDM, Pertamina juga sudah berdiskusi dengan BPH Migas. “Pertalite ini masuk akal, karena bertahap akan menggantikan RON88. Kita akan terus ikuti. Kita diberi waktu dua tahun (untuk menghilangkan RON 88). Syukur-syukur sebelum dua tahun bisa dihilangkan,” tandas Sudirman.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.