Kompas.com - 18/04/2015, 08:00 WIB
Ilustrasi  

KOMPAS/HERU SRI KUMOROIlustrasi
EditorBambang Priyo Jatmiko
                                              Ryan Filbert
                                             @RyanFilbert

KOMPAS.com - Hal pertama yang membuat saya bingung dulu, ketika baru saja mengenal dunia pasar modal dan investasi saham, adalah mengenai harga saham. Mengapa?

Saya yakin Anda pernah menghadapi kejadian ini: analis pasar modal ‘A’ memberi rekomendasi beli, tapi ada juga analis lain mengatakan ini saatnya jual. Di sisi lain, ada yang mengatakan beli dan jual untuk saham ‘B’.

Bagi orang awam, tentunya, beli adalah sebuah tanda bahwa harga suatu saham sedang murah. Pertanyaan barunya adalah, dari mana harga saham tersebut dapat dikatakan murah? Membingungkan bukan?

Hari ini, sedikit demi sedikit saya mulai memahaminya. Meski belum menjadi seorang pakar dan ahli, namun saya kira akan sangat bermanfaat bila saya juga memberikan hasil pembelajaran saya kepada banyak orang.

Sepakat atau tidak, bahwa harga yang terdiskon adalah harga yang dikatakan murah? Ya, bila demikian, maka tentunya kita perlu mengetahui kapankah sebuah saham berpotensi terdiskon harganya. Setidaknya ada dua hal yang membuat sebuah saham cenderung terdiskon harganya, apa saja itu?

1. Pembagian dividen

Dividen adalah saat perusahaan membagikan keuntungannya. Biasanya pada hari dividen dibagikan untuk sebuah saham, akan terjadi penurunan atas harga sahamnya. Bila perusahaan membagikan keuntungan sebesar x%, maka saham perusahaan itu bisa turun melampaui x%! Inilah sebuah sinyal diskon yang dapat kita perhatikan.

2. Berita buruk

Bila sebuah saham sedang ditimpa berita buruk maupun musibah, biasanya harga saham perusahaan tersebut juga cenderung terdiskon alias turun.

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.