Kompas.com - 20/04/2015, 16:03 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Central Asia (BCA) bakal menerapkan layanan uang elektronik (e-money) di ruas tol Cikampek-Palimanan. Rencananya, layanan tersebut bakal diluncurkan dalam kurun waktu dua hingga tiga bulan mendatang.

"Pembayaran tol Cikampek-Palimanan nanti bisa pakai Flazz BCA," terang Wira Chandra, Head of Corporate Banking BCA, Senin (20/4/2015).

Wira mengungkapkan, BCA sudah menandatangani kerjasama penerapan Flazz BCA di tol Cikampek-Palimanan dengan para operator. Sejauh ini, operator tol Cikampek-Palimanan adalah Lintas Marga Sedaya yang merupakan anak usaha Saratoga Investama Sedaya dan Nusa Raya Cipta yang merupakan anak usaha Surya Semesta Internusa.

Pilihan untuk masuk ke layanan e-money tol, lanjut Wira, berkaca dari pertumbuhan transaksi e-money di Kereta Api Indonesia (KAI). "Kami lihat di KAI, pertumbuhan transaksi e-money cukup bagus. Maka kami masuk ke tol," imbuh Wira.

Wira juga mengungkapkan, kerjasama BCA dengan operator Cikampek-Palimanan bukan kerjasama ekslusif. Bahkan, kata dia, sudah ada beberapa bank lain yang bakal menerapkan e-money di ruas tol tersebut.

Mengenai investasi, Wira menyebut, BCA tidak merogoh kantong banyak-banyak. "Karena kami hanya menyediakan kartu saja. Kartu itu pun kan sudah ada. Sementara, operator tol yang menyediakan alat pembaca kartunya," ujar Wira.

Kepastian BCA masuk layanan e-money di tol sekaligus menjawab pertanyaan mengenai integrasi layanan e-toll yang selama ini dikuasai Bank Mandiri. Bahkan, Bank Mandiri sudah memastikan bahwa integrasi e-toll hanya akan berlaku bagi bank-bank milik pemerintah saja. (Issa Almawadi)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Kontan
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.