Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri Susi: Hari Ini Hari Spesial untuk Saya...

Kompas.com - 21/04/2015, 19:42 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menyatakan hari ini adalah hari yang spesial baginya. Bukan hanya lantaran hari ini adalah peringatan Hari Kartini,  ternyata ibu Menteri Susi pun lahir pada tanggal 21 April ini. “Hari ini hari yang spesial untuk saya karena kebetulan ibu saya lahir di hari ini juga, sama,” kata Susi dalam pidato kunci, Jakarta, Selasa (21/4/2015).

Mengenang sosok sang ibu, Susi mengatakan bahwa dirinya banyak belajar dari ibunya. Pada saat usia ibunya 12 tahun, ibu Menteri Susi meninggalkan keluarganya di Pangandaran dan hidup di Sukabumi. “Di Kesusteran hanya karena dia tidak mau menuruti keluarga untuk menikah di umur 12 tahun,” imbuh Susi.

Selanjutnya, Susi menceritakan bahwa sang ibu tinggal di Kesusteran selama dua tahun. Kendati keluarganya berasal dari keluarga Muslim, Susi bilang pada saat itu, hanya di Kesusteran itulah pilihan yang dirasa tepat oleh ibunya untuk menumbuhkan kemandirian.

Setelah dua tahun itu, ibu Menteri Susi akhirnya bergabung dengan Palang Merah Indonesia (PMI) dan meneruskan pendidikan di Solo. “Jadi kalau melihat seorang wanita jaman itu berani menentukan masa depan, ‘Saya harus seperti ini’, segala resiko dia tempuh untuk keluar dari comfort zone,” ucap Susi.

Kepada pegawai KKP yang hadir dalam peringatan Hari Kartini tersebut, Susi menegaskan bahwa, berkarya hanya akan berhasil dan mendapatkan prestasi luar biasa, jika tidak pernah membiarkan kebebasan terbelenggu dan terambil. Untuk sejenak, setelah mengenang ibunya, Menteri Susi pun menangis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com