Kompas.com - 21/04/2015, 19:42 WIB
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti saat memberi pengarahan dalam Seminar KOMPAS.COM/KURNIA SARI AZIZAMenteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti saat memberi pengarahan dalam Seminar "Gerakan Nasional Penyelamatan Sumber Daya Alam Indonesia Sektor Kelautan", di Balai Kota, Selasa (21/4/2015).
|
EditorJosephus Primus


JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menyatakan hari ini adalah hari yang spesial baginya. Bukan hanya lantaran hari ini adalah peringatan Hari Kartini,  ternyata ibu Menteri Susi pun lahir pada tanggal 21 April ini. “Hari ini hari yang spesial untuk saya karena kebetulan ibu saya lahir di hari ini juga, sama,” kata Susi dalam pidato kunci, Jakarta, Selasa (21/4/2015).

Mengenang sosok sang ibu, Susi mengatakan bahwa dirinya banyak belajar dari ibunya. Pada saat usia ibunya 12 tahun, ibu Menteri Susi meninggalkan keluarganya di Pangandaran dan hidup di Sukabumi. “Di Kesusteran hanya karena dia tidak mau menuruti keluarga untuk menikah di umur 12 tahun,” imbuh Susi.

Selanjutnya, Susi menceritakan bahwa sang ibu tinggal di Kesusteran selama dua tahun. Kendati keluarganya berasal dari keluarga Muslim, Susi bilang pada saat itu, hanya di Kesusteran itulah pilihan yang dirasa tepat oleh ibunya untuk menumbuhkan kemandirian.

Setelah dua tahun itu, ibu Menteri Susi akhirnya bergabung dengan Palang Merah Indonesia (PMI) dan meneruskan pendidikan di Solo. “Jadi kalau melihat seorang wanita jaman itu berani menentukan masa depan, ‘Saya harus seperti ini’, segala resiko dia tempuh untuk keluar dari comfort zone,” ucap Susi.

Kepada pegawai KKP yang hadir dalam peringatan Hari Kartini tersebut, Susi menegaskan bahwa, berkarya hanya akan berhasil dan mendapatkan prestasi luar biasa, jika tidak pernah membiarkan kebebasan terbelenggu dan terambil. Untuk sejenak, setelah mengenang ibunya, Menteri Susi pun menangis.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.