KKP Lindungi Dua Pegawai yang Menjadi Saksi Kasus Benjina

Kompas.com - 22/04/2015, 12:54 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com — Setelah meninggalnya Yoseph Sairlela yang merupakan Kepala Pos Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Benjina, Kementerian Kelautan dan Perikanan memberikan perlindungan kepada dua aparat PSDKP.

"Ada tiga aparat yang ada di sana (termasuk Yoseph). Satu sudah kami bawa ke sini, kami amankan. Dengan demikian, kalau terindikasi (Yoseph meninggal karena) pembunuhan, dia (aparat tersebut) aman. Pagi ini, dia di Ambon, dan mungkin hari ini sudah sampai ke Jakarta. Namanya Didit. Yang cewek masih di Tual," ungkap Dirjen PSDKP KKP Asep Burhanudin di Jakarta, Rabu (22/5/2015).

Asep merasa perlu memberikan klarifikasi kepada publik terkait kronologi kematian Yoseph. Menurut kesimpulan awal yang diperoleh dari tim dokter Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Yoseph meninggal karena penyakit jantung. Kendati demikian, penyebab pastinya menunggu hasil otopsi yang diharapkan bisa diperoleh pada dua pekan ke depan.

Asep mengatakan, pihak KKP juga memberikan penjelasan langsung kepada keluarga Yoseph di Tual karena berita kematiannya sangat simpang siur.

"Intinya, pihak keluarga menduga, Saudara Yoseph itu dibunuh, dan orang-orang di sana keadaannya luar biasa, mencekam, mempengaruhi yang lainnya. Kalau saya tidak ke sana memberikan penjelasan, mungkin ceritanya akan lain, macam-macam. Alhamdulillah, saya ke sana memberikan penjelasan," kata Asep.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.