Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kualitas Pembangkit Listrik Buatan Tiongkok Buruk, Jokowi Protes

Kompas.com - 22/04/2015, 15:30 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangkit listrik "Fast Track Program" (FTP) yang dikerjakan investor Tiongkok rupanya tak memiliki kualitas baik. Menteri Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengungkapkan bahwa Presiden Jokowi sudah melakukan protes kepada Tiongkok terkait hal tersebut.

"Karena itu kemudian Pak Jokowi pada waktu ke Tiongkok mengatakan, itu pemerintah Tiongkok proyeknya coba ditengok. Karena mereka yang kerja di sini (di Indonesia) menghasilkan pekerjaan kurang baik mutunya," ujar Sudirman di Jakarta, Rabu (22/4/2015).

Setelah melayangkan protes itu, Tiongkok langsung mengirimkan duta besarnya dan bertemu langsung dengan Menteri Koodinator Perekonomian Sofyan Djalil. Dalam pertemuan itu, Dubes Tiongkok menyampaikan beberapa hal terkait hal tersebut.

Sebenarnya, FTP merupakan pembangkit milik PLN yang dibeli dari investor Tiongkok. Namun, saat PLN menggunakannya, kualitas listrik yang dihasilkan tak maksimal. Sudirman mengatakan bahwa pada tahap 1 proyek FTP itu, sudah selesai 8.500 mega watt. Sementara sisanya yaitu 1.500 mega watt akan selesai pada 2016 nanti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com