Afrika Selatan Siap Bangun Smelter dan Pembangkit Listrik di Indonesia

Kompas.com - 23/04/2015, 14:58 WIB
ILUSTRASI: Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU)    KOMPAS/PRIYOMBODOILUSTRASI: Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU)
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa menyatakan ketertarikannya untuk menjalin kerja sama bisnis dengan Indonesia.

Negara tersebut akan segera mengirimkan pengusaha ke Indonesia untuk menindaklanjuti komitmen tersebut. Ramaphosa mengatakan baik Indonesia maupun Afrika Selatan sama-sama memiliki kekayaan berlimpah di sektor batu bara.

"Sehingga bagi kami, perusahaan-perusahaan dari Afrika Selatan akan ke sini untuk berpartisipasi baik itu membangun smelter," ujar dia usai pertemuan bilateral dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla, Kamis (23/4/2015).

Selain membangun smelter atau pengolah mineral mentah, Ramaphosa mengutarakan minat negaranya untuk membangun pembangkit listrik di Indonesia. "Saya tahu Indonesia juga sedang mencari sumber listrik baru maka dari itu kami sangat berminat untuk menciptakan pembangkit listrik," imbuh dia.

Kalla menambahkan, hubungan Indonesia dengan Afrika Selatan sangat baik lantaran adanya kesamaan sejarah di mana salah satu pahlawan Afrika Selatan yakni Syeikh Yusuf juga dihormati di Indonesia.

Belum lagi kecintaan Mantan Presiden Afrika Selatan Nelson Mandela atas kebudayaan Indonesia. Maka dari itu, Wapres menilai hubungan antara dua negara ini bisa terus ditingkatkan, terutama di bidang ekonomi. Saat ini, tingkat investasi kedua negara masih terbilang rendah.

"Kita berusaha untuk tingkatkan di berbagai bidang termasuk energi dan bidang-bidang industri lainnya," ujar Kalla.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.