Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Ini, Pemerintah Bakal Bangun Empat Ruas Tol di Sumatera

Kompas.com - 25/04/2015, 19:17 WIB
Abba Gabrillin

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono memastikan bahwa pemerintah akan mulai membangun jalur transportasi Trans-Sumatera. Sebagai prioritas, tahun ini kementeriannya akan melaksanakan pembangunan empat ruas tol di wilayah Sumatera.

"Di luar Jawa, untuk Trans-Sumatera, rencananya tahun ini akan ada empat ruas tol yang mulai dibangun," ujar Basuki saat menjadi narasumber dalam diskusi Teras Kita di FX Life Style Center, Jakarta, Sabtu (25/4/2015).

Adapun keempat ruas tol tersebut terdiri dari Bakauheni-Terbanggi Besar, Palembang-Indralaya, Riau-Dumai, dan Medan-Binjai.

Kementerian PU sendiri, menurut Basuki, telah memberikan penugasan kepada perusahaan BUMN untuk melakukan pekerjaan pembangunan.

Sementara itu, untuk jalan non-tol, Basuki mengatakan, pihaknya belum bisa menentukan kapan perbaikan akan dilakukan. Pasalnya, panjang jalan di Sumatera jaraknya melebihi 2.800 kilometer sehingga untuk memulai pembangunan diperlukan anggaran yang cukup besar.

"Di Sumatera kalau yang non-tol, ada di lintas barat, lintas tengah, dan lintas timur. Memang yang timur lebih sering digunakan untuk mendukung perekonomian. Kondisinya juga relatif lebih stabil dan lebih baik sehingga masih bisa digunakan," kata Basuki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com