Jaringan Gas Pertamina untuk Rumah Tangga Diresmikan di Jambi

Kompas.com - 27/04/2015, 11:49 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com — Jaringan gas (jargas) Kota Jambi yang dibangun sejak 2013 telah rampung dan diresmikan pekan lalu oleh Menteri ESDM Sudirman Said, didampingi oleh Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Dwi Soetjipto serta Gubernur Jambi Hasan Basri Agus.

Dengan diresmikannya jargas tersebut, warga Jambi bisa memanfaatkan gas alam untuk keperluan masak sehari-hari. Sebanyak 4.000 rumah tangga yang terhubung jargas Jambi dikelola oleh Pertamina melalui anak usahanya PT Pertamina Gas (Pertagas).

"Masyarakat Kota Jambi selangkah lebih maju dalam kehidupan rumah tangganya karena telah menikmati gas sampai ke rumah," ucap Menteri ESDM Sudirman Said dalam keterangan resmi yang diterima pada Senin (27/4/2015).

Sudirman mengatakan, penghematan yang diperoleh dengan penggunaan jargas mencapai Rp 45 miliar per bulan, angka yang besar dan bisa dipergunakan untuk investasi. Diperkirakan, hingga Agustus ada sekitar 4.000 rumah tangga yang terhubung jargas.

Sudirman menuturkan, angka ini masih sangat kecil dibanding potensi gas kota yang mencapai 7,9 juta titik. Pembangunan jargas untuk rumah tangga merupakan salah satu program nasional yang bertujuan untuk mendiversifikasi energi, mengurangi subsidi, menyediakan energi bersih dan efisien, ramah lingkungan, serta murah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.