Kompas.com - 27/04/2015, 14:21 WIB
Ilustrasi. www.shutterstock.comIlustrasi.
Penulis Suhartono
|
EditorErlangga Djumena

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com -  Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, negara-negara di ASEAN penting memiliki  satu instrumen hukum untuk melindungi para pekerja di kawasan Asia Tenggara tersebut.

Alasannya, hal itu penting untuk memperkuat pekerja tak hanya di kawasan ASEAN saja tetapi juga di luar ASEAN.

"Hal itu merupakan salah satu dari  empat hal yang akan dibahas selama pertemuan dua hari para kepala-kepala negara ASEAN, yaitu pentingnya satu aturan hukum untuk mengatur dan melindu pekerja," ujarnya saat ditanya pers, Minggu (26/4/2015) malam di Kuala Lumpur, Malaysia.

Masalah kedua, tambah Retno, ASEAN juga akan menekankan pentingnya ASEAN untuk memperkokoh kerja sama di bidang maritim, konektivitas, termasuk juga untuk mengatasi pencurian ikan.

Ketiga, lanjut  Retno, negara-negara ASEAN juga akan menekankan pentingnya negara-negara anggota untuk segera mempercepat penyelesaian batas-batas wilayah  karena sejumlah negara  saling berbatasan darat maupun  laut.

"Indonesia akan  menyurakan pentingnya segera menyelesaikan masalah-masalah perbatasan, yang hingga kini bermasalah," jelasnya.

Retno mengatakan, terkait pengaturan khusus bagaimana ASEAN menanggapi atau saling memberikan bantuan konsuler terhadap warga negara di negara ASEAN atau di negara lainnya  yang tengah menghadapi krisis untuk mendapat bantuan untuk menjamin mereka.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Soal laut Tiongkok selatan,  negara-negara ASEAN yang terlibat perebutan wilayah untuk membuat dan menerapkan declaration of conduct untuk menjaga perdamaian dan kedamaian kawasan," jelasnya.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.