Kompas.com - 28/04/2015, 10:41 WIB
Wakil Presiden Jusuf Kalla. Icha RastikaWakil Presiden Jusuf Kalla.
Penulis Suhartono
|
EditorErlangga Djumena


LANGKAWI, KOMPAS.com
- Kedatangan Wakil Presiden Jusuf Kalla menggantikan Presiden Joko Widodo ke KTT Asean ke-26, Senin (27/4/2015) sore, mengubah suasana sidang KTT ASEAN yang dipimpin Perdana Menteri Malaysia Mohd Nadjib.

Presiden Jokowi, yang mengikuti jamuan makan malam di KTT ASEAN Minggu (26/4/2015), sebelumnya harus meninggalkan KTT ASEAN dan  kembali ke Jakarta karena padatnya acara di Tanah Air pada Senin siang.

Dari informasi yang diterima Kompas, Wapres Kalla, yang akrab disapa JK, tak hanya banyak melontarkan gagasan yang menjadi sikap Indonesia di tengah-tengah kancah ASEAN, tetapi juga mempertanyakan jika ada hal-hal yang dirasakan dan perlu Indonesia menyikapinya.

Semalam, dalam sesi retreat KTT ke-26 ASEAN di Langkawi International Convention Centre, yang membahas soal sentralisasi ASEAN, dampak krisis keuangan global dan pelambatan ekonomi, JK dengan gaya khasnya melontarkan upaya negara-negara di Asia Tenggara untuk bersama-sama efisien dan efektif dengan memanfaatkan sumber daya seperti karet dan CPO agar bisa memberikan manfaat optimal dan mendorong terus pertumbuhan.

"Kalau ada pelambatan ekonomi, komoditas kita di ASEAN yang hampir sama memanfaatkannya, seperti karet dan sawit, harus dioptimalkan. Selain efisien juga efektif untuk produksinya serta bekerjasama di antara negara-negara ASEAN," ujarnya setelah retreat selesai.

Masalah lain yang dikemukakan Kalla dalam forum adalah soal perlunya ASEAN memiliki sikap yang sama dalam penanganan bencana. "Kita usulkan agar selalu kita bikin tim bersama seperti dalam kejadian  Nepal sekarang ini. Nanti, akan ditindaklanjuti di tingkat Menlu," ujar Kalla lagi.

Dalam catatan Kompas, Wapres Kalla tercatat pertama kalinya ikut dalam pertemuan KTT ASEAN menggantikan Presiden.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.