Hari Ini, Jokowi Letakkan Batu Pertama Pembangunan Tol Trans Sumatera

Kompas.com - 30/04/2015, 08:53 WIB
Presiden Joko Widodo berkunjung ke kantor PT Dok Kodja Bahari, Cilincing, Jakarta Utara, Selasa (28/4/2015). KOMPAS.com/INDRA AKUNTONOPresiden Joko Widodo berkunjung ke kantor PT Dok Kodja Bahari, Cilincing, Jakarta Utara, Selasa (28/4/2015).
|
EditorInggried Dwi Wedhaswary

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo akan meletakkan batu pertama (ground breaking) pembangunan jalan tol Trans Sumatera pada hari ini, Kamis (30/4/2015). Jalan tol itu nantinya akan membentang dari Lampung hingga Aceh.

Presiden dijadwalkan bertolak ke Lampung dari Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta pada pukul 08.00 WIB.

Dalam beberapa kesempatan, Jokowi mengatakan bahwa pembangunan jalan tol Trans Sumatera merupakan salah satu prioritas dalam program pembangunan infrastruktur. Pembangunannya baru dapat dimulai saat ini karena harus menyelesaikan serangkaian mekanisme, mulai dari penyusunan anggaran, pencairan dan lelang.

"Banyak orang bisik-bisik, kapan kita mulai? Besok kita mulai. Baru April ini akan dimulai, mungkin Mei akan lebih banyak," ujar Jokowi, saat membuka Musrenbang Nasional, di Gedung Bidakara, Jakarta, Rabu (29/4/2015).

Jokowi melanjutkan, akan banyak pembangunan infrastruktur yang dimulai sekitar Mei 2015. Ia ingin pembangunan infrastruktur dilakukan dengan cepat, tidak berbenturan, dan taat aturan.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu, mengungkapkan, banyak pertanyaan dari masyarakat tentang kinerja pemerintahannya setelah enam bulan berjalan. Ia mengakui awal pemerintahannya menemui sejumlah ganjalan, di antaranya adalah ketersediaan anggaran.

Saat ini, kata Jokowi, APBN-P 2015 telah disetujui DPR dan mekanisme lelang telah dilakukan. Ia yakin pembangunan infrastruktur yang dijanjikan semasa kampanye akan tampak di awal bulan Mei.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Tol Solo-Kertosono saya kira Minggu ini juga mulai lagi. Perumahan, rusun, minggu ini mulai semuanya," ucap Jokowi.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.