Kompas.com - 04/05/2015, 18:30 WIB
Layanan UlaMM PNM KONTANLayanan UlaMM PNM
EditorJosephus Primus


KOMPAS.com - Perkembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) terbilang pesat menurut catatan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Permodalan Nasional Madani (PNM).

Kinerja pembiayaan dari PNM Cabang Jakarta, terang Direktur Utama PNM Parman Nataatmadja,  mengalami peningkatan sebesar 11,5 persen untuk total penyaluran periode  Maret 2014, dari Rp 201,6 miliar menjadi Rp 224,8 miliar pada Maret 2015. Total dana yang telah dberikan cabang Jakarta bagi pembinaan UMK di wilayah Jabodetabek sejak dari pertama berdiri pada 2004 hingga saat ini mencapa Rp 1 triliun dengan total nasabah sebanyak 15.131 pelaku UMKM. Tahun ini, cabang Jakarta menyiapkan dana sebesar Rp 190 miliar bagi pemberdayaan UMKM di wilayah Jabodetabek.

Lebih lanjut, Parman mengatakan perkembangan UMKM di wilayah Jabodetabek memiliki potensi besar, sehingga perlu adanya dukungan permodalan serta pembinaan untuk menunjang peningkatan usaha mereka. Provinsi DKI Jakarta, kata dia, termasuk salah satu cabang terpesat dalam hal pertumbuhan UMKM di Jawa. Oleh karena itu, pihaknya terus intensif melakukan pembinaan terhadap nasabah maupun calon nasabah ULaMM, agar usaha milik masyarakat itu dapat berkembang.

Sejak 2011 PNM telah melakukan pelatihan kepada lebih dari 37.000 UMK di seluruh Indonesia. Untuk tahun ini perusahaan menargetkan 10.000 – 15.000 peserta pelatihan UMK.

Setahun silam, penyaluran kredit PNM di Indonesia meningkat 7,14 persen menjadi Rp 3,5 triliun. "Target PNM Rp 2,8 triliun," kataParman Nataatmadja dalam rangkaian kegiatan bersama dengan kunjungan kerja anggota Komisi VI DPR RI Adang Darajatun, kemarin, di Jakarta Utara.

Demi memenuhi target itu, PNM memperkuat jaringan. Caranya, sebanyak 36 kantor cabang pembantu (KCP) akan dinaikkan statusnya menjadi kantor cabang. Parman menuturkan, perubahan status KCP menjadi kantor cabang dilakukan karena permintaan kredit terlalu besar. Dengan status baru, nilai pinjaman yang dikucurkan kepada nasabah bisa lebih tinggi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.