Ekonomi Lesu, BI Soroti Minimnya Serapan Anggaran Pemerintah

Kompas.com - 05/05/2015, 18:42 WIB
Gedung Bank Indonesia KOMPAS/WISNU WIDIANTOROGedung Bank Indonesia
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia mengakui pertumbuhan ekonomi pada triwulan 1 2015 melemah. Pertumbuhan ekonomi triwulan I 2015 tercatat 4,71 persen secara year on year (YoY), menurun dibandingkan triwulan sebelumnya sebesar 5,02 persen secara YoY.

Menurut BI pelemahan pertumbuhan ekonomi pada triwulan I 2015 terutama didorong oleh melemahnya kinerja beberapa komponen domestik. Salah satunya yaitu karena minimnya penyerapan anggaran APBN-P 2015.

"Pelemahan pada konsumsi pemerintah terjadi akibat belum optimalnya penyerapan belanja, terutama terkait dengan APBN-P 2015 yang baru disahkan dan belum terealisirnya belanja pada sepuluh kementrian dan lembaga yang baru," ujar Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Tirta Segara dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jakarta, Selasa (5/5/2015).

Selain itu, melemahnya ekonomi juga diakibatkan penurunan konsumsi lembaga nonprofit. Penurunan itu diakibatkan lebih rendahnya belanja pada triwulan I-2015 dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yang sangat besar karena adanya belanja pemilu (base effect).

Sementara itu, pada investasi bangunan, BI menyebut pelemahan diakibatkan oleh masih adanya sikap wait and see sektor swasta dan masih belum berjalannya proyek-proyek pemerintah.

"Di sisi eksternal, kinerja ekspor juga menurun sejalan dengan masih lemahnya permintaan dan turunnya harga komoditas dunia. Sementara itu, pertumbuhan impor mengalami penurunan cukup dalam sejalan dengan melemahnya perkembangan permintaan domestik," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.