Menteri Andrinof: Ekonomi "Slow", tetapi Enggak Pakai "Banget"

Kompas.com - 08/05/2015, 17:10 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorInggried Dwi Wedhaswary

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Andrinof Chaniago menilai kondisi ekonomi Indonesia saat ini tidak terlalu buruk. Menurut dia, pertumbuhan ekonomi pada triwulan I 2015 hanya mengalami penurunan biasa.

"Enggak ada pakai 'banget', slow iya tapi enggak pake slow down banget," ujar Andrinof, di Kantor Bappenas, Jakarta, Jumat (8/5/2015).

Pertumbuhan ekonomi 4,71 persen pada triwulan 1 2015 dinilainya masih lebih bagus dibandingkan beberapa negara. Namun, dia tak menyebutkan lebih rinci negara mana saja yang pertumbuhan ekonominya lebih rendah dari Indonesia.

"Masih on the track, ini kan belum separuh jalan kan," kata dia.

Saat ditanya prediksi pertumbuhan ekonomi pada triwulan II tahun 2015, Andrinof yakin kondisinya akan jauh lebih baik daripada triwulan I.

"Ya kan wajar aja (kondisi triwulan I-2015) kan urusannya masih memenuhi prosedur administrasi. Insyaallah di triwulan II akan akselerasi (ekonomi nasional)," kata dia.

Sebelumnya, pertumbuhan ekonomi RI triwulan I 2015 yang hanya mencapai 4,71 persen, cukup mengejutkan karena di bawah perkiraan.

“Memang cukup shock hanya 4,71 persen, karena kami perkirakan 4,9 persen,” kata Enny SriHartati Direktur Eksekutif INDEF, Jakarta, Rabu (6/5/2015).

Sumber-sumber pertumbuhan ekonomi yang diharapkan seperti dari ekspor ternyata tidak menunjukkan kinerja baik. Enny mengatakan, meski mencetak surplus tipis di neraca perdagangan, namun Indonesia masih terbebani neraca pembayaran.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.