5 Tahun ke depan, Jonan Upayakan Semua Pulau Besar Miliki Jalur KA

Kompas.com - 08/05/2015, 22:59 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBayu Galih

JAKARTA, KOMPAS.com -- Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan kembali menegaskan bahwa salah satu prioritas pemerintah yaitu membangun infrastruktur transportasi yang lebih merata. Oleh karena itu, dalam 5 tahun ke depan, dia akan mengupayakan semua pulau besar di Indonesia memiliki jalur kereta api.

"Dalam lima tahun ke depan kita usahakan semua pulau terbesar sudah memiliki jalur kereta api, termasuk Kalimantan, Sulawesi, Papua," kata Jonan saat menjadi pembicara dalam Indonesia Transportation Forum (ITF) di Philip Kotler Theater Markplus, Jakarta, Jumat (8/5/2015).

Ia menuturkan, dengan total anggaran Kemenhub tahun ini mencapai Rp 65 triliun, maka berbagai program pembangunan infrastruktur perhubungan pun akan berusaha dioptimalkan. Sasarannya, kata Jonan, yaitu pembangunan infrastruktur transportasi di daerah terluar, perbatasan, pinggiran, terdalam, dan daerah rawan bencana.

Dari sisi regulasi menyatakan bahwa Kemenhub akan fokus pada upaya mewujudkan keselamatan tranportasi dan pelayanan yang makin membaik.

Sementara itu, Founder dan CEO MarkPlus Inc Hermawan Kartajaya mengatakan bahwa ajang ITF merupakan ajang berdialog antara pemerintah sebagai regulator dan pelaku usaha di bidang transportasi. Diharapkan, dengan acara itu maka tak akan terjadi kesalahpahaman di antara stakeholder di bidang perhubungan tersebut.

Selain Jonan, hadir sebagai panelis Ketua INACA Arif Wibowo, Ketua INSA Carmelia Hartoto, dan Ketua Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia Gemilang Tarigan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.