Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuartal II/2015, PT Pos Indonesia Genjot e-Commerce

Kompas.com - 11/05/2015, 17:17 WIB
Kontributor Bandung, Reni Susanti

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Surat dan paket masih menjadi andalan pendapatan PT Pos Indonesia. Hal itu terlihat dari perolehan PT Pos Indonesia di triwulan pertama 2015.

"Pada Januari-Maret 2015, pendapatan kami sekitar Rp 1.082 triliun, tumbuh positif dari tahun lalu di periode yang sama (Januari-Maret 2014) sebesar Rp 905,8 miliar, atau tumbuh 7,23 persen," ujar Direktur Surat dan Paket PT Pos Indonesia, Agus F Handoyo seusai Media Gathering di Bandung, Senin (11/5/2015).

Agus menjelaskan, dari pendapatan tersebut, kontribusi terbesar berasal dari surat dan paket. Kedua layanan tersebut menyumbang 62 persen dari total pendapatan. "Surat hanya tumbuh 3-4 persen. Yang menarik parsel atau paket tumbuh 20 persen," ucap Agus.

Bahkan, kini tidak ada kata peak season dalam paket. Jika dulu pertumbuhan paket saat lebaran mencapai 60-70 persen. Kini nyaris tidak ada perbedaan. Pertumbuhan saat Lebaran hanya 5-10 persen.

Pertumbuhan ini berjalan seiring dengan berkembangnya bisnis online. "Di kuartal kedua, kami menggenjot e-commerce. Dengan pertumbuhan sekarang, kami memprediksi pendapatan semester I sekitar Rp2,5 triliun dari target kami tahun ini Rp5,4 triliun," ungkap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com