Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Janji Aliri Listrik di Pulau-pulau Terluar Segera Terlaksana

Kompas.com - 11/05/2015, 21:19 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA,KOMPAS.com – Pemerintah menjamin sebanyak 50 titik pulau-pulau terluar sudah terang benderang di tahun 2015 ini. Menteri Koordinator Kemaritiman Indroyono Soesilo mengatakan, saat ini proses tender untuk elektrifikasi pulau-pulau terluar sudah berjalan.

Selain daerah terluar, pemerintah juga menyasar penerangan di daerah perbatasan. Sayang, Indroyono enggan menyebutkan mana saja yang sudah siap dialiri listrik tahun ini. Indroyono juga tak menjawab saat ditanya perihal investasi yang dikucurkan pemerintah untuk melistriki daerah terluar dan perbatasan tersebut.

“Saya bilang tahun 2015. Sekarang sudah bergerak, enggak molor. Makanya bilangnya jangan 17 Agustus, tapi HUT ke-70 RI, tahun ini,” kata Indroyono ditemui di Kantor Kemenko Bidang Perekonomian, Senin (11/5/2015).

Sebelumnya, pemerintah pada Desember tahun lalu menjanjikan sebanyak 47 wilayah perbatasan serta pulau-pulau terkecil dan pulau-pulau terluar sudah teraliri listrik pada 2015.

Presiden Joko Widodo ingin kondisi daerah-daerah perbatasan, pulau-pulau terluar, dan pulau-pulau kecil berpenghuni setidaknya sama atau bahkan sebisa mungkin lebih baik dari negara tetangga.

Keinginan Jokowi itu, kata Indroyono, disampaikan dalam pertemuan dengan Panglima TNI, Panglima Komando Utama TNI, dan kepala Kejaksaan Tinggi se-Indonesia, di Istana Bogor, pada November 2014.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com