Jadi "Pilot Project" Penghapusan Subsidi Gas LPG 3 Kg, Bali Antisipasi Inflasi

Kompas.com - 12/05/2015, 15:13 WIB
Ilustrasi KOMPAS/MUKHAMAD KURNIAWANIlustrasi
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

DENPASAR,KOMPAS.com - Provinsi Bali menjadi wilayah percontohan penghapusan subsidi gas LPG 3 kg. Menjelang pelaksanaan, Pemprov Bali melakukan antisipasi terhadap tingginya inflasi.

Saat ini, berbagai upaya dilakukan agar inflasi sesuai target, yakni 6,44 persen hingga 7,13 persen. Berbagai upaya itu dibahas dalam rapat Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID).

“Langkah awal adalah menjaga tingkat inflasi rendah dan stabil sehingga iklim ekonomi kondusif. Terlebih, Bali akan dijadikan pilot project untuk penghapusan terhadap gas LPG ukuran 3 kilogram,” kata Wakil Gubernur Bali, I Ketut Sudikerta saat rapat TPID, Denpasar, Bali, Selasa(12/5/2015).

Dia menjelaskan, walaupun pertumbuhan ekonomi Bali triwulan I-2015 lebih tinggi dari nasional yaitu 6,2 persen, tapi mengalami kelambatan yang sebelumnya mencapai 7,8 persen. Hal ini diakibatkanoleh penurunan investasi untuk membangun infrastruktur di Bali berskala besar.

Selain itu, harga beras yang tinggi juga menjadi salah satu penyumbang inflasi. Untuk itu sektor pertanian jadi fokus perhatian. “Kita akan bantu penyiapan bibit, pupuk dan sarana pertanian. Selain itu mengusulkan pemberian asuransi bagi petani yang mengalami gagal panen sehingga petani tidak rugi total,” tambahnya.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.