Kompas.com - 12/05/2015, 23:57 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com – Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) sangat masuk akal dibangun di Indonesia. Ledakan nuklir di Fukushima, Jepang, bukan disebabkan lantaran error dari reaktornya, melainkan gempa.

“Saya melihatnya (PLTN) suatu alternatif yang masih masuk akal. 100 persen (masuk akal),” kata Deputi Bidang Infrastruktur Kemaritiman, Ridwan Jamaludin, di kantor Kementerian Koordinasi Bidang Maritim, Jakarta, Selasa (12/5/2015).

Ridwan bahkan menyarankan pemerintah agar menunjuk Jepang untuk membangun PLTN karena negara itu dikenal sangat telaten dan detil dalam membangun PLTN.

Hal itu didasarkan atas kekhawatiran orang-orang Indonesia sendiri yang masih menganggap bahwa kemampuan Indonesia dalam membangun PLTN ‘ceroboh’.

“Daripada kita tidak punya energi sama sekali, lebih baik kita punya opsi yang memang secara teknik masih layak. Artinya, jangan menutup kemungkinan karena adanya ketakutan,” imbuh Ridwan.

Ridwan menuturkan, negara Jepang yang secara geografis rawan gempa saja berani membangun PLTN. Bahkan, negeri sakura itu sudah membuat reaktor generasi keempat, dengan teknologi yang lebih canggih dari generasi sebelumnya.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.