Menkeu Inginkan Asumsi Pertumbuhan Ekonomi Nasional Bisa Fleksibel

Kompas.com - 13/05/2015, 15:56 WIB
Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro KOMPAS.com/Indra AkuntonoMenteri Keuangan Bambang Brodjonegoro
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro menilai asumsi pertumbuhan ekonomi nasional seharusnya bisa fleksibel. Pasalnya, pertumbuhan ekonomi nasional sangat dipengaruhi kondisi ekonomi global yang dinamis.

Bahkan, kata dia, saat ini outlook perekonomian global oleh IMF baru saja dikoreksi dari 3,6 persen menjadi 3,1 persen dengan melihat kondisi ekonomi global saat ini. "Ini membuat prediksi pertumbuhan ekonomi tidak mudah, IMF juga melakukan revisi. Asumsi ekonomi yang telah dibuat seolah-olah tidak bisa mengubah, padahal pertumbuhan ekonomi sangat dinamis karena terkait ekonomi global," ujar Bambang, Rabu (13/5/2015).

Bagi Bambang, harusnya pertumbuhan ekonomi tak terkunci dan tak bisa berubah. Bahkan, dia juga langsung meminta Ketua Komisi XI DPR RI Fadel Muhamad yang hadir dalam acara seminar tersebut untuk mempertimbangkannya.

Namun, kata Fadel, keinginan Menkeu itu tak mudah diwujudkan karena asumsi pertumbuhan ekonomi sudah ditetapkan menjadi Undang-Undang APBN-P 2015.

Bahkan, lanjut dia, apabila pemerintah berkeinginan mengubah asumsi ekonomi maka jalan satu-satunya yaitu melakukan revisi UU APBN-P 2015. "Kan itu sudah dikunci dalam undang-undang,” kata dia.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.