Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

GMF AeroAsia Targetkan Raup Pendapatan 300 Juta Dollar Tahun Ini

Kompas.com - 15/05/2015, 17:03 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama Garuda Indonesia Arif Wibowo mengatakan bahwa perseroan akan terus mendorong perkembangan para anak usaha, yang salah satunya adalah PT GMF AeroAsia.

Tahun ini, kata dia, GMF diharapkan mampu meraup pendapatan 300 juta dollar AS dari bisnis perawatan pesawat. "Kami butuh pengembangan bisnis di GMF itu sendiri, jadi kami akan kembangkan kapabilitas di permesinan," ujar Arif di Cengkareng, Jumat (15/5/2015).

Lebih lanjut, kata dia, pada tahun 2014, GMF berhasil meraup pendapatan sebesar 265 juta dollar AS. Untuk mencapai target 300 juta dollar AS, GMF membutuhkan berbagai akselerasi bisnis.

Beberapa pengembangan bisnis GMF tahun ini pun sudah dilakukan di antaranya penyambungan kapabilitas engine, pembukaan hanggar yang berkapasitas 16 pesawat dan rencananya akan diresmikan oleh Presiden Jokowi.

"Jadi kami akan fokus yang tumbuh itu Garuda, Citilink, GMF, dan kemudian kargo. Ini empat usaha yang ada di garis depan Garuda Grup," kata Arif.

Tahun ini diperkirakan nilai perbaikan pesawat akan mendekati angka 1 miliar dollar dollar AS. "Tahun lalu 850 juta dollar AS, sekarang potensinya bisa 900 juta dollar AS," ujar Ketua Umum Asosiasi Perawatan Pesawat Indonesia atau Indonesia Aircraft Maintenance Services Association (IAMSA) Richard Budihadianto di Jakarta, Selasa (12/5/2015).

Meski begitu, pangsa pasar perawatan pesawat oleh industri dalam negeri masih kecil. Saat ini kata dia, porsinya baru sekitar 30 persen dan sisanya diserap oleh industri perawatan pesawat yang ada di luar negeri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com