GMF AeroAsia Targetkan Raup Pendapatan 300 Juta Dollar Tahun Ini

Kompas.com - 15/05/2015, 17:03 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama Garuda Indonesia Arif Wibowo mengatakan bahwa perseroan akan terus mendorong perkembangan para anak usaha, yang salah satunya adalah PT GMF AeroAsia.

Tahun ini, kata dia, GMF diharapkan mampu meraup pendapatan 300 juta dollar AS dari bisnis perawatan pesawat. "Kami butuh pengembangan bisnis di GMF itu sendiri, jadi kami akan kembangkan kapabilitas di permesinan," ujar Arif di Cengkareng, Jumat (15/5/2015).

Lebih lanjut, kata dia, pada tahun 2014, GMF berhasil meraup pendapatan sebesar 265 juta dollar AS. Untuk mencapai target 300 juta dollar AS, GMF membutuhkan berbagai akselerasi bisnis.

Beberapa pengembangan bisnis GMF tahun ini pun sudah dilakukan di antaranya penyambungan kapabilitas engine, pembukaan hanggar yang berkapasitas 16 pesawat dan rencananya akan diresmikan oleh Presiden Jokowi.

"Jadi kami akan fokus yang tumbuh itu Garuda, Citilink, GMF, dan kemudian kargo. Ini empat usaha yang ada di garis depan Garuda Grup," kata Arif.

Tahun ini diperkirakan nilai perbaikan pesawat akan mendekati angka 1 miliar dollar dollar AS. "Tahun lalu 850 juta dollar AS, sekarang potensinya bisa 900 juta dollar AS," ujar Ketua Umum Asosiasi Perawatan Pesawat Indonesia atau Indonesia Aircraft Maintenance Services Association (IAMSA) Richard Budihadianto di Jakarta, Selasa (12/5/2015).

Meski begitu, pangsa pasar perawatan pesawat oleh industri dalam negeri masih kecil. Saat ini kata dia, porsinya baru sekitar 30 persen dan sisanya diserap oleh industri perawatan pesawat yang ada di luar negeri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.