Tiga Bank BUMN Sediakan Layanan "Cash Card" bagi Pertamina

Kompas.com - 15/05/2015, 18:11 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI), PT Bank Mandiri dan PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) menyediakan layanan cash card bagi PT Pertamina yang memungkinkan BUMN migas itu melakukan otomatisasi penggunaan dana operasional.

Peluncuran cash card ini dilakukan oleh Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto, Jumat (15/05/2015) di Surabaya.

Cash card Pertamina adalah kas operasional unit kerja Pertamina yang dikelola oleh berbagai unit kerja yang ditunjuk oleh Pertamina, yang selanjutnya akan digunakan dalam kegiatan operasional Pertamina.

“Bank BRI mendukung sepenuhnya kerjasama ini untuk mempermudah Pertamina dalam meningtkatkan efektifitas dan efisiensi dalam struktur keuangannya secara keseluruhan melalui Cash Management System BRI ”, ungkap Budi Satria, Corporate Secretary Bank BRI dalam siaran persnya, Jumat (15/5/2015).

Dwi Soetjipto mengatakan, pada lima prioritas strategis Pertamina terdapat pilar Perbaikan Struktur Keuangan yang salah satu programnya adalah Tata kelola Kas (Cash Management).

“Salah satu bagian dari tatakelola kas ini adalah Pertamina melakukan upaya sentralisasi rekening operasional dan mengurangi dropping dana secara manual kepada unit kerja perusahaan untuk memenuhi kebutuhan operasional. Untuk itu diperlukan penyederhanaan proses dan integrasi perangkat pencatatan secara otomatis yang dalam konteks ini penggunaan cash card kami pandang sebagai solusinya,” kata Dwi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.