Menteri BUMN: Jasa Konstruksi Wajib Pakai Baja Krakatau Steel

Kompas.com - 18/05/2015, 20:53 WIB
|
EditorHindra Liauw
JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menyatakan pemerintah mewajibkan perusahaan jasa konstruksi plat merah menggunakan besi baja dari Krakatau Steel. Pemerintah menginginkan agar antar BUMN melakukan kerja sama yang menguntungkan.

"Diharuskan, BUMN jasa konstruksi jika membutuhkan baja, dan kalau baja diproduksi oleh Krakatau Steel maka wajib gunakan Krakatau Steel," ucap Rini di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (18/5/2015).

Rini menuturkan, pemerintah sedang meningkatkan penggunaan kandungan lokal. Namun, apabila tidak diwajibkan, jasa konstruksi cenderung tidak menggunakan baja dari Krakatau Steel. Rini mengaku tak tahu alasan mereka enggan menggunakan baja dari Krakatau Steel. Pemerintah, sebut dia, akan segera membuat kesepakatan kerja sama antar perusahaan plat merah.

"Dengan ini maka seluruh kebutuhan baja yang diproduksi Krakatau Steel harus dimanfaatkan oleh jasa konstruksi kami," ucap dia.

Industri baja nasional saat ini tengah berjuang melawan gencarnya impor baja dari luar negeri. Pemerintah sedang menyiapkan langkah untuk melindungi industri baja nasional. Salah satunya adalah dengan menerapkan bea masuk bagi baja impor.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.