Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI Pertahankan BI Rate di Angka 7,5 Persen

Kompas.com - 19/05/2015, 16:32 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia pada Selasa (19/5/2015) memutuskan mempertahankan BI Rate sebesar 7,5 persen dengan suku bunga deposit facility 5,5 persen dan lending facility pada level 8 persen.

Menurut Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo, keputusan mempertahankan BI Rate 7,5 persen itu dilandasi atas berbagai pertimbangan. "Kita mempertimbangkan kondisi ekstrem dan domestik. Ekstern itu misalnya mengenai perkembangan ekonomi AS dan ekonomi dunia yang tidak pasti dibanding periode sebelumnya," ujar Agus seusai RDG di Gedung BI, Jakarta, Selasa.

Menurut Agus, keputusan tersebut sejalan dengan stance kebijakan moneter yang cenderung ketat untuk menjaga agar inflasi berada dalam sasaran 4 plus minus 1 persen pada 2015 dan 2016, serta mengarahkan defisit transaksi berjalan ke tingkat yang lebih sehat dalam kisaran 2,5 sampai 3 persen terhadap PDB dalam jangka menengah.

Agus juga menekankan perlu adanya koordinasi yang semakin kuat antara BI dan pemerintah, baik dalam mengendalikan inflasi dan defisit transaksi berjalan, maupun dalam mempercepat stimulus fiskal untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.

Oleh karena itu, Bank Indonesia mendorong pemerintah untuk mempercepat realisasi proyek-proyek infrastruktur dan melanjutkan berbagai kebijakan struktural untuk menumbuhkan optimisme pelaku ekonomi terhadap perbaikan prospek ekonomi Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com