Kompas.com - 20/05/2015, 14:29 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
EditorErlangga Djumena

MANADO, KOMPAS.com - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menyampaikan saat ini ada setidaknya enam perusahaan asal Korea yang menjajaki peluang investasi di Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku.

Satu konsorsium yang terdiri dari empat perusahaan diantaranya tengah secara serius membidik 20 titik lokasi Pembangkit Listrik Tenaga Bio Massa (PLTBM), dengan kapasitas masing-masing 10 megawatt (MW).

"Total investasi yang akan digelontorkan mencapai sekitar 200-300 juta dollar AS," kata Deputi Bidang Promosi Penanaman Modal BKPM, Himawan Hariyoga, dalam Gelar Potensi Investasi Daerah dan Regional Investment Forum, Manado, Rabu (20/5/2015).

Sementara itu, satu perusahaan lain juga menyampaikan minat investasi di bidang kelistrikan. Himawan mengatakan, minat investasi di bidang kelistrikan ini cukup menggembirakan, mengingat sektor ini termasuk di dalam bidang usaha prioritas yang tengah gencar didorong pemerintah RI dengan program 35.000 MW selama lima tahun. Sedangkan satu perusahaan sisanya berminat membenamkan investasi di bidang perhotelan.

Selain Korea, Himawan menambahkan satu perusahaan Jerman juga melirik investasi di bidang usaha industri pendukung kepelabuhanan (materials handling dan handling system). "Pihak mereka tengah menjajaki potensi kerjasama berbentuk joint operation dengan salah satu BUMN terkemuka di Indonesia di bidang galangan kapal," kata Himawan.

Selain itu pengusaha Taiwan yang diwakili oleh salah satu lembaga pengembangan ekonomi berpengaruh juga melakukan penjajakan investasi dengan daerah peserta forum (Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku), termasuk di dalamnya sektor kemaritiman dan pariwisata.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.