Kompas.com - 23/05/2015, 17:32 WIB
Walau ada sisi buruknya, ada keuntungan dari memiliki uang banyak, kata sebagian besar responden. BBCWalau ada sisi buruknya, ada keuntungan dari memiliki uang banyak, kata sebagian besar responden.
EditorEgidius Patnistik
KOMPAS.com - Kecuali Anda memang sudah kaya sejak lahir, pada satu masa dalam kehidupan, Anda mungkin pernah bermimpi untuk menjadi kaya.

Anda mungkin ingin menjadi orang yang sangat kaya, menang lotere, dengan bayangan gaya hidup orang kaya dan terkenal, istana dengan lapangan rumput yang dipotong rapi dan kolam renang yang amat besar, pulau pribadi, mobil sport mahal, jet pribadi, dan setumpuk besar uang untuk melakukan apapun yang kamu inginkan.

Apa yang terjadi kepada sebagian kecil orang yang mimpinya menjadi kenyataan?

BBC mengajukan sejumlah pertanyaan ke situs tanya-jawab Quora untuk mendapatkan saran apakah memang menjadi kaya ada gunanya. Uang baru membawa perubahan, kadang menjadi lebih baik tapi kadang bisa lebih buruk.

Carol Philo menyaksikan orang tuanya yang amat miskin menjadi miliuner ketika perusahaan percetakan mereka, yang dijalankan dari kamar tidur kosong di rumah mereka,  berkembang pesat. Dengan keuntungan, muncul obsesi untuk menjadi lebih dan lebih.

"Ibu saya kecanduan uang... Tidak pernah cukup," kata Philo dan selama beberapa tahun hubungan keluarga akhirnya retak. "Melihat seluruh pilihannya, saya akan mengatakan menjadi nyaman memang ada gunanya. Menjadi kaya tidak."

Murat Morrison sepakat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dia memproduksi mentol ketika menjual perusahaan truknya akhir tahun 1990. Salah satu hal yang dia pelajari akan melekat terus selamanya, begitulah pengakuannya.

"Uang membeli kenyamanan," katanya. "Kenyamanan bukan kegembiraan atau kepuasan. Saya merasa kosong seperti tong dalam beberapa tahun kemudian. Memang baik untuk menjadi nyaman, namun lebih memuaskan untuk menjadi bahagia."

Kemakmuran juga cenderung menampilkan ‘warna’ orang yang sebenarnya. "Secara umum, itu membuat lebih dari yang mereka sudah ada," katanya.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.