Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kendalikan Inflasi, Jokowi Akan Pimpin Langsung Rakor TPID

Kompas.com - 25/05/2015, 21:15 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com -- Bank Indonesia (BI) menyampaikan bahwa Presiden Jokowi akan memimpin langsung rapat koordinasi Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) pada minggu depan. "Rakor TPID, Presiden pimpin sendiri. Nantinya ada BI dan pemerintah daerah," ujar Direktur Departemen Komunikasi BI Peter Jacobs di Jakarta, Senin (25/5/2015).

Dia berharap, dengan langsung turun tangannya presiden dalam rapat koordinasi dengan TPID,  seluruh pemerintah daerah bisa langsung mengambil berbagai kebijakan agar inflasi bisa terkendali. Misalnya kata dia, pemerintah daerah harus memastikan ketersediaan pangan menjelang Lebaran sehingga mencukupi permintaan masyarakat. Dengan begitu, tak akan terjadi kenaikan harga pangan yang bisa memacu inflasi.

Selain harga pangan, sebenarnya BI juga memperhatikan berbagai komponen lain yang bisa memacu inflasi misalnya kenaikan harga BBM dan fluktuasi nilai tukar rupiah. Oleh karena itu, khususnya untuk antisipasi kenaikan harga BBM, BI mengaku sudah berkoordinasi dengan pemerintah untuk melihat bulan-bulan apa saja yang berpotensi terjadi inflasi tinggi. Saat itu kata dia, kenaikan harga BBM diharapkan tak terjadi. "Kita tidak rekomendasikan BBM baik setiap 3 atau 6 bulan sekali, tapi kita koordinasikan ada bulan-bulan yang ada inflasi rendah atau tinggi," ucap dia.

Saat rakor TPID minggu depan, BI mengatakan akan memberikan informasi yang sebaik-baiknya kepada seluruh pemerintah daerah terkait inflasi. Bahkan BI juga akan menyarankan berbagai langkah kebijakan guna mencegah melambungnya inflasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com