Akhir Mei Tidak Dipindahkan, AP II Ancam Musnahkan 9 Pesawat Mangkrak

Kompas.com - 26/05/2015, 08:59 WIB
Lobi kantor PT Angkasa Pura II di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.



KOMPAS.COM/ANDRI DONNAL PUTERALobi kantor PT Angkasa Pura II di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.
EditorErlangga Djumena

TANGERANG, KOMPAS.com
– Untuk meningkatkan kapasitas apron, PT Angkasa Pura II (Persero) akan menyingkirkan 9 unit pesawat yang mangkrak atau tidak dipergunakan lagi di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Sebanyak 8 unit  pesawat-pesawat tersebut berada di area rumput dan 1 unit pesawat terletak di lokasi night stop appron atau NSA.

"Keputusan PT Angkasa Pura II (Persero) tersebut merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kapasitas apron dan mendukung kelancaran operasional bandara, serta membenahi estetika sisi udara Bandara Internasional Soekarno-Hatta," sebut Sekretaris Perusahaan AP II Eko Diantoro, dalam siaran pers, Senin (25/5/2015).

Ia menyebutkan,  pihaknya telah mengumumkan kepada publik mengenai rencana tersebut dan/atau menghubungi kurator dari maskapai yang dinyatakan pailit atau badan hukumnya tidak aktif.

Eko mengatakan, bila pemilik pesawat ingin menguasai kembali pesawat, maka dapat menunjukkan bukti administratif kepemilikan selambat-lambatnya 31 Mei 2015.

 “Apabila tidak ada pihak yang mengambil atau mengakui setelah 31 Mei 2015, kami akan berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan dan instansi atau pihak terkait lainnya untuk mengambil tindakan lebih lanjut. Bisa saja diputuskan untuk memusnahkan pesawat tersebut,” katanya.

Berikut pesawat-pesawat yang mangkrak tersebut:
No Registrasi Jenis  Airline
1. PK-HNK FJF Gatari
2. PK-IJK B 737-200 Bouroq
3. PK-IJH B 737-200 Bouroq
4. PK-IHH HS 748 Bali Air
5. PK-IHT HS 748 Bali Air
6. PK-MGH F 28 Merpati
7. PK-MGM F 28 Merpati
8. PK-KAP MD 820 Kartika Airlines
9. PK-KAD B 737-200 Kartika Airlines

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.