Jokowi Minta Pemda Sering Terjun ke Gudang Distributor

Kompas.com - 27/05/2015, 13:34 WIB
Presiden Joko Widodo KOMPAS.com/INDRA KUNTONOPresiden Joko Widodo
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com – Untuk mengendalikan inflasi di daerah, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meminta Pemerintah Daerah (Pemda) bersama pemangku kepentingan terkait di daerah untuk sering-sering melakukan pengawasan di gudang-gudang distributor bahan pangan.

“TPID (Tim Pengendalian Inflasi Daerah) harus melibatkan kejaksaan dan kepolisian serta Bank Indonesia (BI) di daerah. Dan sesering mungkin terjun ke lapangan, gudang-gudang besar distributor, mereka nimbun tidak, barangnya terlalu banyak tidak,” kata Jokowi dalam pidato kunci di Rakornas TPID, Jakarta, Rabu (27/5/2015).

Dengan begitu, lanjut Jokowi, distributor dan pemilik gudang di daerah merasa diawasi oleh pemerintah dan segan untuk melakukan penimbunan. “Jangan sampai mereka merasa tidak diawasi, lalu menimbun barang dan mempermainkan harga,” sambung mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Lebih lanjut dia bilang, hal tersebut juga dilakukannya ketika menjadi Walikota Solo dan Gubernur Jakarta. “Inflasi Solo itu 1,53 persen, karena setiap satu minggu sekali kami datangi gudang distributor. Hati-hati, stokmu harus keluar gudang,” kata Jokowi.

Dia menyebut, di daerah-daerah yang sulit terjangkau pasokan dari sentra produksi dan jangkauan pengawasan, kemungkinan penimbunan barang lebih besar.

“Tapi kalau yang ngecek ada BI, pemda, kejaksaan, mereka akan berfikir 1000 kali. Saya titip Kapolri, Jaksa Agung, agar diperintahkan ke jajaran di bawahnya, agar masalah inflasi ini juga menjadi perhatian,” kata Jokowi.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.