Pemerintah Bakal Bangun Pasar Lelang untuk Tanaman Pangan

Kompas.com - 27/05/2015, 15:22 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Sofyan Djalil, Jakarta, Jumat (13/3/2015). KOMPAS.com/ESTU SURYOWATIMenteri Koordinator Bidang Perekonomian, Sofyan Djalil, Jakarta, Jumat (13/3/2015).
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah berencana membangun pasar lelang untuk tanaman pangan. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Sofyan Djalil mengatakan, nantinya di setiap daerah pemerintah akan membangun pasar lelang komoditas.

“Artinya barang itu dilelang di pasar lelang, untuk tanaman pangan dan lainnya. Kita akan coba dulu di daerah penghasil utama,” kata Sofyan ditemui di Rakorna TPID, Jakarta, Rabu (27/5/2015).

Sofyan mengatakan, keberadaan pasar lelang ini diharapkan dapat menciptakan harga pasar yang benar-benar mencerminkan permintaan-penawaran. Saat ini, kata Sofyan, konsumen dan pemerintah tidak pernah tahu harga sebenarnya karena tidak adanya pasar lelang.

“Kalau di Tanzania itu pasar cokelatnya ada pasa lelangnya. Sehingga permintaan-penawaran akan tercipta. Sehinga harga betul-betul mencerminkan supply-demand,” ucap dia.

Sofyan menyebut, karena tidak adanya pasar lelang, saat ini harga lebih banyak ditentukan oleh para tengkulak.

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menegaskan, pemerintah akan melakukan pembenahan tata-niaga. “Yang dilakukan, kita akan membuat pasar lelang. Sehingga margin keuntungan yang ada itu benar-benar dinikmati oleh petani,” tegas Jokowi.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.