Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Bakal Bangun Pasar Lelang untuk Tanaman Pangan

Kompas.com - 27/05/2015, 15:22 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah berencana membangun pasar lelang untuk tanaman pangan. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Sofyan Djalil mengatakan, nantinya di setiap daerah pemerintah akan membangun pasar lelang komoditas.

“Artinya barang itu dilelang di pasar lelang, untuk tanaman pangan dan lainnya. Kita akan coba dulu di daerah penghasil utama,” kata Sofyan ditemui di Rakorna TPID, Jakarta, Rabu (27/5/2015).

Sofyan mengatakan, keberadaan pasar lelang ini diharapkan dapat menciptakan harga pasar yang benar-benar mencerminkan permintaan-penawaran. Saat ini, kata Sofyan, konsumen dan pemerintah tidak pernah tahu harga sebenarnya karena tidak adanya pasar lelang.

“Kalau di Tanzania itu pasar cokelatnya ada pasa lelangnya. Sehingga permintaan-penawaran akan tercipta. Sehinga harga betul-betul mencerminkan supply-demand,” ucap dia.

Sofyan menyebut, karena tidak adanya pasar lelang, saat ini harga lebih banyak ditentukan oleh para tengkulak.

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menegaskan, pemerintah akan melakukan pembenahan tata-niaga. “Yang dilakukan, kita akan membuat pasar lelang. Sehingga margin keuntungan yang ada itu benar-benar dinikmati oleh petani,” tegas Jokowi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com