Pertamina: Tumpahan Minyak di Perairan Teluk Penyu Cilacap Sudah Bisa Diatasi

Kompas.com - 28/05/2015, 02:24 WIB
Petugas PT Pertamina Refinery Unit IV Cilacap, Senin (25/5) sore, menggelar pembersihan pantai secara massal di kawasan Pantai Teluk Penyu, Cilacap, Jawa Tengah, yang tercemar minyak. KOMPAS/GREGORIUS MAGNUS FINESSOPetugas PT Pertamina Refinery Unit IV Cilacap, Senin (25/5) sore, menggelar pembersihan pantai secara massal di kawasan Pantai Teluk Penyu, Cilacap, Jawa Tengah, yang tercemar minyak.
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBayu Galih

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) menegaskan bahwa dampak tumpahan minyak mentah (crude oil) di perairan Teluk Penyu, Cilacap, Jawa Tengah sudah bisa diatasi.

"Laporan terakhir sudah clean up semua. Dampak lingkungannya sudah bisa kita atasi," ujar Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (27/5/2015).

Sementara itu terkait kerugian yang diderita Pertamina karena kebocoran pipa bawah laut itu, Dwi tak mempermasalahkan. Sebab, semua kerugian akan ditanggung oleh asuransi.

"Itu kan ada asuransinya, sudah ter-cover dengan ausransi. Untuk tindak lanjut ke depan tentu saja kami akan berkoordinasi dengan Pemda di sana," kata Dwi.

Sebelumnya, pipa minyak bawah laut PT Pertamina Refinery Unit IV Cilacap, Jawa Tengah, Rabu (20/5/2015) mengalami kebocoran. Akibatnya, perairan selatan Nusakambangan terkena tumpahan minyak. Kerusakan fasilitas bongkar muat minyak mentah pada SPM milik Pertamina diduga dipicu tingginya gelombang laut dalam beberapa hari terakhir.

Akibat kejadian tersebut, kegiatan bongkar muat minyak mentah sempat dihentikan. Sejumlah nelayan Cilacap pun mengeluhkan kejadian tersebut. Bahkan, mereka meminta ganti rugi karena tak bisa melaut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.