Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI: Pertumbuhan Ekonomi Tahun Ini 5,1 Persen

Kompas.com - 28/05/2015, 17:55 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com – Bank Indonesia (BI) mengoreksi pertumbuhan ekonomi 2015 di level 5,1 persen. Angka ini lebih rendah dari yang diperkirakan pemerintah di level 5,4 persen.

Gubernur BI Agus DW Martowardojo mengatakan, kendati demikian pertumbuhan ekonomi tahun ini diperkirakan masih lebih baik dibanding tahun lalu. Diperkirakan, akan terjadi perbaikan ekonomi di kuartal II-2015, dengan pertumbuhan mencapai 4,9 persen. “Peningkatan di kuartal II-2015 didorong konsumsi pemerintah dan investasi bangunan, ini sejalan dengan pembangunan proyek infrastruktur,” kata Agus dalam rapat Badan Anggaran DPR-RI, Jakarta, Kamis (28/5/2015).

Pertumbuhan ekonomi di kuartal III-2015 diperkirakan mencapai 5,3 persen, sedangkan di kuartal akhir akan mencapai 5,4 persen. Agus mengatakan, sumber pertumbuhan masih bertumpu pada konsumsi dan investasi, yang merupakan realisasi fiskal pemerintah dan kredit perbankan.

Selain itu, Agus memperkirakan ekspor akan tumbuh lebih positif tahun ini kendati harga komoditas masih rendah. “Peningkatan penyaluran kredit masyarakat juga diharapkan mampu mendorong konsumsi rumah tangga,” pungkas Agus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com