Kompas.com - 29/05/2015, 06:52 WIB
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com
- Penguman penting bagi Anda pemegang kartu kredit: mulai 1 Juli 2015 nanti Bank Indonesia (BI) mewajibkan penggunaan personal indentification number(PIN) 6 digit ketika bertransaksi menggunakan kartu kredit.
 
Bambang Adi Karsono, Head of Card and Merchant Business Consumer Banking Bank CIMB Niaga, menyampaikan siap mengimplementasikan kebijakan tersebut. Sebab, banknya sudah melakukan sosialisasi dan edukasi kepada nasabah baru dan renewal terkait kewajiban menggunakan PIN 6 digit.
 
“Kami sudah menyiapkan teknologi untuk membuat PIN 6 digit. Misalnya, nasabah dapat mengaktivasikan PIN di mesin ATM atau melalui pesan singkat (SMS),” kata Bambang, Kamis (28/5/2015).

Bambang menambahkan, beberapa mesin ATM dan EDC juga sudah terkoneksi dengan teknologi cip.

 
 “Aturan ini akan mendorong nasabah lain untuk bertransaksi menggunakan PIN 6 digit,” tambahnya.

Saat ini, sekitar 15 persen-20 persen dari 1,83 juta nasabah kartu kredit CIMB Niaga sudah menggunakan transaksi menggunakan PIN.

 
Irni Palar, Country Manager MasterCard Indonesia, menyampaikan, pihaknya juga telah melakukan sosialisasi PIN 6 digit kepada produsen, seperti merchant dan kasir. Dengan demikian petugas di merchant dan kasir bisa membimbing nasabah menggunakan PIN untuk keamanan transaksi.
 
 “Perlu ada dorongan, misalnya wajib menggunakan PIN saat pembayaran. Kalau nasabah enggak mau, tidak bisa melakukan transaksi,” terang Irni.

Ia memprediksi, dalam 1 tahun - 2 tahun masyarakat akan terbiasa menggunakan PIN 6 digit untuk transaksi dengan kartu kredit.(Nina Dwiantika)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.