Kompas.com - 30/05/2015, 16:11 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorJosephus Primus


JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan meminta Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti lebih detail saat memberikan saran terkait integrasi bandara dengan pelabuhan. Selama ini kata Jonan, usul Susi biasanya hanya disampaikan melalui telepon. "Saya sudah bilang kepada Ibu Susi, usulnya jangan lewat telepon gitu loh. Kirim surat ke saya, detail. Usulnya di mana (pembangunan Bandara yang terintegrasi dengan pelabuhan) nanti kita cek sama-sama. Ya kalau enggak sempat ngetik ya suruh stafnya yang ngetikan," ujar Jonan saat berbincang bersama wartawan di Kantor Kemenhub, Jakarta, Jumat malam (29/5/2015).

Jonan menjelaskan  integrasi bandara dan pelabuhan harus melihat letak geografis. Oleh karena itu, Jonan meminta Susi memberikan data wilayah mana saya yang membutuhkan pembangunan bandara yang tak terlalu jauh letaknya dengan pelabuhan.

Saat ini kata Jonan, beberapa bandara sudah terintegrasi dengan moda transportasi lain misalnya kereta api dan bus. Namun, perwujudan integrasi dengan pelabuhan mesti melihat lokasi apakah hal tersebut memungkinkan atau tidak.

Sebenarnya, imbuh Jonan, bandara idealnya terletak di pinggir pantai. Misalnya, Bandara Ngurah Rai di Denpasar, Bali. Selain Ngurah Rai, Bandara Sorong juga dekat dengan pelabuhan. Namun, untuk integrasi lebih lanjut diperlukan akses yang juga lebih baik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.