Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI: Pasar Valas Indonesia Dikuasai 25 Bank

Kompas.com - 02/06/2015, 05:02 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) menyatakan bahwa transaksi valuta asing (valas) di Indonesia hanya didominasi oleh 25 bank saja. Menurut BI, itu tanda bahwa pasar industri perbankan nasional masih tersegmentasi.

"Jadi itu artinya menunjukkan bahwa pasar kita masih tersegmentasi," ujar Direktur Taks Force Program Pendalaman Pasar Keuangan BI Nanang Hendarsah di Jakarta, Senin (1/6/2015).

Berdasarkan perkiraan BI, 25 Bank tersebut menguasi 70 sampai 80 persen pasar valas di Indonesia. Sementara itu sisanya diperebutkan sekitar 40 an bank kecil. Oleh karena itu, kata Nanang, BI dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mesti terus mendorong bank-bank kecil tersebut untuk terus aktif dalam pasar valas Indonesia.

Bahkan, akan jauh baik apabila bank-bank kecil tersebut melakukan konsolidasi perbankan sehingga kapasitas menyerap valas juga kian besar.

"Konsolidasi lebih baik dalam jangka panjang , jadi bank itu tidak perlu banyak tetapi cukup kuat dan cukup besar kapasitasnya (menyerap valas)," ucap Nanang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com