Ketua DPR Minta Pemerintah Perhatikan Pelemahan Rupiah

Kompas.com - 05/06/2015, 17:50 WIB
Ilustrasi. ShutterstockIlustrasi.
EditorSandro Gatra


JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua DPR RI Setya Novanto menyatakan, melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dollar AS hingga menembus 13.200 per dollar harus menjadi perhatian pemerintah.

"Soal rupiah ini kita memang harus hati-hati. Kita harapkan pemerintah bisa terus memantau apalagi dalam situasi seperti ini. Situasi menghadapi puasa dan hari raya dan tentu ini akan menjadi persoalan," kata Novanto di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat (5/6/2015), seperti dikutip Antara.

Ia meyakini, pemerintah dapat mengantisipasi terjadi pelemahan rupiah secara terus menerus. (baca: Makin Terpuruk, Rupiah Sentuh Level Terendah sejak 1998)

"Pemerintah bisa menjaga stabilitas harga. Dan saya percaya presiden dan pemerintah turun dan melakukan evaluasi," katanya.

Disamping itu, program pemerintah diharapkan bisa berjalan dan aktif betul mengevaluasi harga barang pokok menyangkut produksi. (baca: Berharap Pelemahan Rupiah Tertahan)

"Dengan adanya itu kita bisa meningkatkan kebutuhan yang besar pada masyarakat," kata politisi Partai Golkar itu.

Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Jumat pagi, bergerak menguat 9 poin menjadi Rp 13.272 dibandingkan posisi sebelumnya di posisi Rp 13.281 per dollar AS.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Sumber Antara
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.