Mentan Pastikan Stok Pangan Aman Sampai Lebaran

Kompas.com - 08/06/2015, 11:53 WIB
Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Menteri Perdagangan Rachmat Gobel, dan Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, melakukan sidak ke Pasar Cibinong untuk mengetahui jumlah pasokan persediaan beras dan harga eceran jelang bulan puasa hingga lebaran, Rabu (20/5/2015). K97-14 KOMPAS.com/RAMDHAN TRIYADI BEMPAHMenteri Pertanian Amran Sulaiman, Menteri Perdagangan Rachmat Gobel, dan Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, melakukan sidak ke Pasar Cibinong untuk mengetahui jumlah pasokan persediaan beras dan harga eceran jelang bulan puasa hingga lebaran, Rabu (20/5/2015). K97-14
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pertanian Amran Sulaiman menjamin stok pangan sampai Hari Raya Idul Fitri mencukupi. Hal itu ia sampaikan setelah melihat langsung stok produksi dan kondisi di lapangan.

"Produksi cukup. Bawang, beras, cabai, cukup. Tinggal kita menata distribusi," kata Amran, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (8/6/2015).

Amran menyampaikan bahwa dirinya telah memeriksa stok pangan di lapangan dari produsen sampai ke Pasar Kramat Jati. Ia mengklaim ketersediaan pangan mencukupi dengan harga yang stabil.

Mengenai stok beras, Amran menegaskan masih ada stok 20 juta ton hasil produksi Januari-Februari 2015. Ia juga menyatakan telah berdialog dengan para pedagang beras untuk menjaga stabilitas harganya. "Doakan, yang jelas, harga sekarang stabil," ujarnya.

Karena yakin stok pangan mencukupi, kata Amran, maka kebijakan impor tidak perlu dilakukan. Ia pastikan, impor merupakan langkah terakhir jika situasinya sudah sangat mendesak.

"Yang jelas sampai selesai lebaran cukup. (Impor) itu adalah alternatif paling terakhir, udah-mudahan tidak," ungkapnya.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.