Sidak ke Pasar Kramatjati, Mentan Temukan Aksi Spekulan

Kompas.com - 08/06/2015, 13:49 WIB
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman tengah meninjau persiapan Peringatan Bulan Bakti Gotong Royong (BB GR) XII dan Hari Kesatuan Gerak (HKG) Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) ke-43 Nasional 2015, Rabu (27/5/2015).   Dok KementanMenteri Pertanian Andi Amran Sulaiman tengah meninjau persiapan Peringatan Bulan Bakti Gotong Royong (BB GR) XII dan Hari Kesatuan Gerak (HKG) Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) ke-43 Nasional 2015, Rabu (27/5/2015).
Penulis Latief
|
EditorLatief

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman meninjau Pasar Induk Kramat Jati untuk mengecek pasokan dan harga pangan menjelang bulan puasa dan lebaran. Mentan menemukan adanya aksi spekulan terhadap harga bawang merah.

"Harga bawang merah di sini Rp 27 ribu per kilogram. Tapi, hasil tinjauan kita beberapa waktu lalu di Brebes, harga bawang merah Rp18 ribu per kg," kata Amran di Pasar Induk Kramat Jati, Jalan Raya Bogor KM 17, Jakarta Timur, Senin (8/6/2015).

Mentan mengaku, perbedaan harga itu terjadi karena tengkulak yang memanfaatkan momentum jelang puasa dan Lebaran. Mereka ingin meraup keuntungan lebih besar ketimbang hari biasanya.

"Mungkin ulah tengkulaknya. Beri tahu tengkulak kita mau ramadhan, jangan tinggi-tinggi," ujar Mentan.

Mentan kembali memastikan bahwa pasokan sayuran selama bulan puasa dan jelang lebaran akan mencukupi kebutuhan dalam negeri. Karenanya, dirinya meyakinkan kepada masyarakat bahwa pemerintah tak akan melakukan impor.

"Tapi, pasokan cukup kan, yang penting jangan impor. Saya minta pedagang jangan dinaikkan lagi harganya, kalau bisa diturunkan," kata Mentan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.