RI Tempati Posisi Ke-114 dalam Kemudahan Berinvestasi, BKPM Terus Lakukan Perbaikan

Kompas.com - 09/06/2015, 23:18 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com — Berbisnis di Indonesia kini dianggap lebih mudah. Hal tersebut terlihat dari peringkat kemudahan berusaha (ease of doing business) yang dirilis oleh Bank Dunia (World Bank).

Survei bertajuk "Ease of Doing Business (EODB) 2015" oleh World Bank Group menempatkan Indonesia pada peringkat ke-114, atau naik tiga peringkat dibandingkan tahun sebelumnya. Kendati begitu, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani menuturkan, peringkat tersebut masih tergolong rendah.

"Jauh di bawah negara-negara tetangga, seperti Malaysia (ke-18), Filipina (ke-95), bahkan rata-rata kemudahan berusaha di kawasan Asia Timur dan Pasifik (ke-92). Oleh karena itu, kami berupaya melakukan berbagai perbaikan pada indikator-indikator EODB," ujar Franky melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (9/6/2015).

Franky menyatakan, BKPM akan terus berkoordinasi dengan berbagai kementerian/lembaga dan pemerintah daerah untuk bersama-sama memperbaiki berbagai aspek yang masih menghambat kemudahan berusaha di Indonesia.

Sementara itu, Deputi Bidang Pengembangan Iklim Penanaman Modal BKPM, Farah Ratnadewi Indriani, menjelaskan, perbaikan tersebut antara lain dilakukan pada indikator memulai usaha. Jumlah prosedurnya berkurang dari 10 menjadi 7, dan jumlah harinya berkurang dari 52,5 hari menjadi 9,2 hari.

"Indikator penyambungan listrik, jumlah prosedurnya berkurang dari 5 menjadi 4 buah, dan jumlah harinya berkurang dari 94 menjadi 35 hari," sambung Farah.

Indikator lainnya adalah penegakan kontrak. Jumlah prosedurnya berkurang dari 40 buah menjadi 3 buah, dan jumlah harinya berkurang dari 460 hari menjadi 56 hari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.