Anggota DPR Ini Malah Kecam Susi yang Tenggelamkan Kapal "Illegal Fishing"

Kompas.com - 10/06/2015, 13:21 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Kebijakan penenggelaman kapal pelaku illegal fishing yang dilakukan Menteri Kelautan dan Perikanan (MKP) Susi Pudjiastuti banyak diapresiasi orang. Namun, tidak bagi Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPR RI Bambang Haryo Soekartono. Anggota DPR RI itu justru mengecam aksi Susi menenggelamkan kapal pelaku illegal fishing.

Menurut Bambang, penenggelaman kapal yang dilakukan Susi sama saja dengan membuang sampah ke laut. "Ini malah Ibu Susi tenggelamkan kapal. Kapalnya hancur, merusak lingkungan laut. Kita melanggar aturan IMO (International Maritime Organization)," ujar Bambang, Jakarta, Rabu (10/6/2015).

Lebih lanjut kata dia, penenggelaman kapal yang dilakukan oleh Susi justru akan mecemari laut Indonesia. Pasalnya, bangkai kapal itu tidak dibersihkan dan hanya ditenggelamkan begitu saja.

Bahkan menurut Bambang, apa yang dilakukan Susi itu justru sangat bertentangan dengan upaya Kementerian Pariwisata di bawah kordinasi Kemenko Kemaritiman.

"Bapak (Menko Maritim Indroyono Soesilo) juga gencar meningkatkan pariwisata laut, tapi kok kita (dengan penenggelaman kapal) malah buang sampah di laut pak. Kalau ditenggelamkan disitu ya pariwisata kita enggak jalan," kata dia.

Selain menyoroti kebijakan Susi, Bambang juga mengeritik pembangunan pelabuhan yang jauh dari kawasan industri. Padahal kata dia, Kementerian Kemaritiman sedang gencar menurunkan dwelling time di pelabuhan Indonesia untuk memperlancar sistem logistik nasional (Silogisnas).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.