Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kurangi Disparitas Kebutuhan Pokok, Pemerintah Luncurkan Gerai Maritim

Kompas.com - 19/06/2015, 20:20 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah terus berupaya untuk mengurangi disparitas harga barang kebutuhan pokok antara Indonesia bagian barat dengan Indonesia bagian timur. Salah satu langkah yang ditempuh yaitu mengembangkan gerai maritim.

"Kementerian Perdagangan dan Kementerian Perhubungan mengembangkan gerai maritim dengan membuka jalur perintis barang kebutuhan pokok dengan rute 32 pelabuhan di Indonesia timur," ujar Menteri Perdagangan Rachmat Gobel di Jakarta, Jumat (19/6/2015).

Dia menuturkan, pada tahap awal, pemerintah sudah melepas satu kapal perintis yang membawa barang kebutuhan pokok ke Indonesia timur tadi pagi. Kapal itu kata Mendag membahas 11 kontainer barang kebutuhan pokok.

"Tadi pagi bersama Menhub (Ignasius Jonan) saya sudah melepas kapal yang mengangkut 11 kontainer ke Indoneisa timur sebagai pilot project," kata Mendag.

Program gerai maritim itu juga kata dia bekerjasama dengan perusahan pelayanan nasional Indonesia atau Pelni dan berbagai produsen barang kebutuhan pokok. Selain itu kata dia, Kemendag dan seluruh stakeholder sektor perdagangan saat ini juga sedang menyiapkan Peraturan Menteri Perdagangan tentang penetapan harga khusus barang kebutuhan pokok.

Hal itu menurut Mendag sebagai tindaklanjut dari Peraturan Presiden (Perppres) Nomor 71 Tahun 2015 terkait penetapan harga barang kebutuhan pokok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com