Kompas.com - 21/06/2015, 11:33 WIB
Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo Kompas/Heru Sri KumoroGubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo
EditorErlangga Djumena


JAKARTA, KOMPAS.com -
Bank Indonesia (BI) memperkirakan pertumbuhan ekonomi pada kuartal II-2015 tumbuh sedikit lebih tinggi dari kuartal I-2015 yang sebesar 4,71 persen. Pertumbuhan ekonomi di kuartal II-2015 akan ditopang oleh belanja pegawai pemerintah.

Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo Jumat (19/6/2015) mengatakan, laju pertumbuhan ekonomi di kuartal II-2015 akan terdorong oleh rencana pembayaran gaji ke-13 untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang akan dicairkan pada Juni ini.

Selain itu, menurut Agus, penggunaan dana desa juga ikut memberikan dorongan untuk ekonomi. "Ada pengeluaran dana desa yang mulai disalurkan," ujar dia.

Meski konsumsi rumah tangga akan terbantu oleh dua stimulus ini, Agus bilang pertumbuhan ekonomi kuartal II 2015 masih di bawah 5 persen. Sebab, andil kenaikan konsumsi rumah pada saat lebaran tahun ini terhadap pertumbuhan ekonomi diperkirakan tak akan sebesar tahun lalu.

Menurut Agus, berdasarkan pantauan BI, permintaan barang menjelang lebaran hingga kini masih belum terlalu kuat sehingga tak mampu mendorong pertumbuhan ekonomi. Sampai akhir tahun, BI memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia di kisaran 5 persen - 5,4 persen. (Margareta Engge Kharismawati)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.