Kompas.com - 21/06/2015, 13:17 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pelni (Persero) bekerjasama dengan Pelindo II, III, dan IV akan menyediakan bus gratis bagi pemudik yang menggunakan jasa transportasi laut. Nantinya, bus tersebut akan mengantarkan pemudik dari pelabuhan ke berbagai kota yang sudah ditentukan.

"Rencananya itu (bus) adalah untuk sambungan angkutan gratis (dari pelabuhan)," ujar Direktur Utama Pelni Sulistyo Wimbo Sardjito di Jakarta, Sabtu malam (20/6/2015).

Dia menuturkan, angkutan gratis yang akan disediakan itu diharapkan mampu menjadi angkutan interkoneksi dari pelabuhan ke beberapa kota yang telah ditentukan.

Selama ini, masyarakat dinilai masih kesulitan untuk mencari angkutan umum dari pelabuhan ke beberapa kota. "Misalnya, penumpang turun di pelabuhan Semarang nanti akan disediakan bus sambungan ke arah Kudus atau Pati. Lalu misalnya di Surabaya disiapkan via ke Lamongan maupun terminal bus (terdekat)," kata dia.

Sementara itu, untuk tambahan angkutan laut sendiri, Pelni akan melakukan beberapa penambahan frekuensi pelayaran. Namun, tambahan pelayaran itu hanya untuk beberapa rute saja.

"Kita akan melakukan penambahan frekuensi yang jumlahnya tinggi misalnya dari Batam-Medan, kalau kita istilahnya setrikaan (karena harus bolak-balik). Kemudian dari Balikpapan-Surabaya dan Nunukan-Makassar," kata dia.

Khusus di Semarang, Pelni juga akan menyediakan kapalnya untuk rekreasi ke Karimun Jawa. "Jadi karena orang Semarang sepertinya dekat dengan Karimun Jawa tapi jarang ke sana. Itu kita sediakan kapal. Tetap bayar, tapi paling tidak terbuka tiga hari untuk rekreasi. Karena kalau Lebaran orang butuh rekreasi, salah satunya ke Karimun Jawa," ucap Wimbo.

baca juga: Mengelola Uang Tunjangan Hari Raya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan Video Lainnya >

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.